Sejarah Berdirinya PT BTN (Bank Tabungan Negara) Tbk Setelah Ratusan Tahun

PT BTN (Bank Tabungan Negara (Tbk) Adalah Sebuah perusahaan di bawah naungan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang jasa keuangan. BTN juga Menyediakan Berbagai macam layanan keuangan & produk. Salah satu Yaitu Menyediakan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

Hiingga akhir tahun 2023 kemarin PT Bank Tabungan Negara ini memiliki Total hingga 737 jaringan.
kantor dengan rincian 81 kantor cabang, 541 kantor pembantu, dan 6 kantor wilayah. Sedangkan untuk jaringan perbankan Syariah, memiliki 75 kantor cabang pembantu syariah, 34 kantor cabang syariah di seluruh Indonesia.

BACA JUGA : Biografi PT Sinar Mas Multiartha dan sejarah Berdirinya Di Tanah Air

Sejarah Berdirinya PT Bank Tabungan Negara (Sebelum 1950)

PT Bank Tabungan Negara ini Berdiri sejak tahun 1897 dengan pengukuhan Pendirian Bank resmi bernama POSTSPAARBANK (Dalam bahasa Belanda). Yang berkantor di sebuah gedung mewah yang dibangun dengan Infrastruktur Zaman Belanda.
Di ujung Molenvilet 1 (yang sekarang di kenal jalan Gajah Mada No1) Melihat minat masyartkat Indonesia Yang semakin kuat terhadap jasa keuangan mulai tahun 1928 sampai 1934.

PT BTN
PT BTN (Bank Tabungan Negara) Dahulu

Postspaarbank Terus memperluas jaringan bahkan hingga membuka 4 kantor cabang Baru di Surabaya, Makasar, Medan, dan Jakarta . Pada Era Transformasi bank ini dimulai sejak tahun 1930 Yang dulu di tandai dengan dimulainya penggunaan mesim akuntansi elektronik.

Pada Awal Masa Pendudukan, Pembekuan operasi perbankan tepatnya di Wilayah Hindia Belanda.
Terjadi Melalui Proses yang dimulai dari pemanggilan manajemen Bank Oleh penguasa baru yang dilakukan di Bandung pada Tanggal 4 Maret 1942.

Tentara Jepang secara resmi melikuidasi bank dan mengubah namanya dari Postspaarbank menjadi Kantor Tabungan Tjokin Kjokoe. (dalam bahasa jepang yang artinya “Biro Deposito”) Pada tanggal 1 April 1942.

Namun dalam masa perjalanannya Tyokin kyoku tidak sesukses Nama yang sebelumnya Postspaarbank.
dikarenakan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia sangat menurun dan sangat memprihatinkan sehingga Tyokin Kyoku gagal dalam menjalankan misinya. Dan berhenti beroperasi Pada bulan Agustus 1945 setelah Jepang Menyerah kepada sekutu.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Rakyat Indonesia Tepatnya pada Tanggal 17 Agustus 1945. Pihak Berwajib Indonesia Mengubah Namanya Dari Tyokin Kyoku menjadi Kantor Tabungan Pos. Pembukaan Kantor Tabungan di prakarsai oleh Darmosoetanto Selaku direktur pertamanya.

BACA JUGA : Nagita Slavina Menenangkan Wanda Hara Sebagai Teman Dekat