Biografi & sejarah PT Indah Kiat Pulp & Paper

PT Indah Kiat Pulp & Paper
PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk adalah salah satu produsen Pulp, tissu, kertas, yang berkantor pusat di jakarta.
dan untuk mendukun kegiatan bisnisnya, Perusahaan ini memiliki beberapa cabang Di Siak, Serang, Dan Tangerang.
Hingga pada akhir Tahun 2001 ketiga pabrik tersebut mampu memproduksi pulp hingga sebanyak 3,1 juta ton pertahun, kertas tisu sebanyak 108 ribu ton pertahun, kertas burdaya sebanyak 1,6 juta ton pertahunnya dan kertas industri seanyak 2,2 juta ton pertahunnya. 

BACA JUGA : Unilever Dengan Sejarah Berkembangya Di Indonesia

SEJARAH BERDIRINYA PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk

Perusahaan ini membentuk sejarahnya pada awal tahun 1975. Saat soetopo jananto bekerja sama dengan Yuen Fong Yu Paper Dan Chung Hwa Pulp asal taiwan untuk pengembangan perusahaannya.
yaitu CV Berkat Indah Agung yang sudah memiliki pabrik pabrik kertas Di Banten, Jambi Jawa Timur & di beberapa daerah lainnya.
Pada tanggal 11 September 1976 Presiden Soeharto mengeluarkan surat rekomendasi untuk pendirian pabrik pulp dan kertas yang bertujuan untuk Penanaman Modal Asing (PMA). Ditahun yang sama pada tanggal 23 september Mentri Perindustrian pun Mengeluarkan surat izin pendirian pabrik pul dan kertas. Sehingga pada Tanggal 17 Desember tahun 1976, soetopo resmi mendirikan perusahaan dengan nama “PT Indah Kiat Pulp & Paper”. Nama Itu diambil dari nama sang Istrinya Yaitu Indah Berliani.

Hingga Pada tahun 1977, Perusahaan ini pun mulai melakukan studi kelayakan.
yang kemudian di Lanjutkan juga dengan pembangunan pabrik Kertas Budaya Tahap Awal untuk memproduksi kertas tulis bebas kayu Dan Kertas Cetak.
Dengan memasang 2 mesin yang berkapasitas masing-masing 50 ton/hari.
pabrik itu berada di Tangerang Dan tepatnya di tepi sungai Cisadane.
Dan kemudian pada tahun 1982 ditambah dengan satu Mesin yang baru di pasang.
sehingga produksinya semakin bertambah yaitu 150 Ton perharinya.
Kemudian di tahun 1980 Untuk Melengkapi kebutuhan pulp dari pabrik kertasnya di tangerang. perusaan ini mulai melakukan studi kelayakan mengenai pembangunan Pabrik pulp di Perawang, Siak. Pada tahun 1983, Perusahaan ini mulai membangun pabrik pulp tahap awal Di Perawang. Yang secara bersamaan Di Bangun juga Fasilitas Yaitu bongkar muat pelabuhan khusus yang bisa di sandari Oleh Kapal Samudera Dengan bobot mati Hinggal lebih dari 6.000 Ton. yang tidak jauh dari lokasi pabrik hanya berjarak 1,5 km dari pabrik, tepatnya di tepi sungai Siak.

BACA JUGA : Presiden Jancukers Dengan Beberapa Faktanya